Translate

Minggu, 04 Agustus 2013

GREETING + ATOM

Assalamu'alailkum...

Watashi Namae wa Irfan desu! (^.^)/
Watasi mo daigakusei de UIN Gakuen desu
Yoroziku onegaisimasu!!


Ahem... Untuk entri pertama ini Akan membahas Tentang Atom berdasarkan teori atom Bohr. Sebelumnya kita tahu banyak teori-teori yang membahas tentang atom, namun teori tersebut saling melengkapi kekurangan dari teori-teori atom sebelumnya. Nah..

Teori atom yang dikemukakan Neils Bohr 1915 mendekati teori atom Mekanika Kuantum (Dibahas lebih lanjut) namun lebih sederhana. Dalam teori ini Bohr menyatakan bahwa inti atom terdiri dari muatan positif yang disebut proton dan muatan netral yang disebut neutron, kedua muatan tersebut menempel di pusat atom dengan gaya nuklir kuat, sehingga tidak mudah terlepas. kemudian jika ada muatan positif pasti ada muatan negatif, namun pertannyaanya
#Dimana muatan negatif pada atom berada dan apa namanya?
jawabannya adalah...
Muatan negatif pada atom berada di sekeliling inti atom dengan nama Elaktron. Elektron berada di sekeliling atom dengan berputar mengelilingi inti atom dengan lintasan yang disebut orbital. Pada buku Fisika Kuantum karya John Gribbin yang telah dialih bahasakan tertulis:

”Bohr menyatakan bahwa elektron-elektron hanya menempati orbit-orbit tertentu disekitar inti atom, yang masing-masing terkait sejumlah energi kelipatan dari suatu nilai kuantum dasar.”

Jadi elektron itu tidak diam tersebar disekeliling atom, melainkan berotasi seperti planet mengelilingi matahari.

Berikut ini adalah ilustrasinya:













Ini dia ada beberapa komik dari komik kimia sebagai penutupnya silahkan '-'/












Daftar Pustaka
Gonick Larry dan Craig Criddle. 2006. Kartun Kimia. Penerjemah: Utti Setiawati. Jakarta. KPG
Gribbin, John. 2003. Fisika Kuantum. Jakarta : Erlangga


Terimakasih telah membaca entri ini semoga bermanfaat.
Setelah entri ini insyaallah entri selanjutnya akan membahas Tabel Periodik (Sifat Unsur, Sifat Periodik unsur, dan konfigurasi elektron)

Wassalamu'alaikum...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar