Translate

Jumat, 09 Agustus 2013

Konfigurasi Elektron

Assalamu'alaikum

Sebelumnya telah dibahas mengenai SPU beserta sifatnya, nah… entri ini selajutnya akan membahas tentang konfigurasi elektron, INGAT, elektron tidak dapat diketahui pasti dimana letaknya namun dapat diketahui keberadaanya dengan adanya orbital dimana elektron tersebut beredar, dengan kata lain jejak elektron yang terlihat saja yang menjadi tanda tempat elektron berada seperti gelombang pada genangan air yang bergetar hehehe… ahem... karena lembaran yang saya potong dari Kimia SMA/MA Kls X (Diknas) Oleh Suyatno menurut saya cukup baik maka silahkan membaca yaa...



Daftar Pustaka







































oke jika sudah selesai membaca berarti anda sudah mengetahui:
1. Konfigurasi elektron (hal.19 par.2)
2. elektron valensi (hal.20 par.1)

selanjutnya kita akan flashback ke SPU, kita tahu dalam SPU ada istilah golongan dan periode. nah kalo sudah ingat istilah itu sekarang pertanyaannya
#apa ada hubungannya konfigurasi elektron dan elektron valensi dengan SPU?
jawabannya adalah...
YA jelas ada -___-!
karena setiap unsur dalam SPU yang tersusun secara berkala berdasarkan konfigurasi elektronnah jadi, kita dapat menentukan posisi suatu unsur berdasarkan Elektron valensinya (menentukan golongan dan periode suatu unsur dalam SPU). caranya yaitu:

1. kita tentukan konfigurasi elektron suatu unsur dari nomor atomnya.
2. kemudian, tentukan elektron valensinya.

3. nah...ini rumusannya: untuk menentukan golongan kita dapatkan dari elektron valensinya dan untuk menentukan periodenya kita dapatkan dari jumlah kulit atom suatu unsur yang terisi elektron.

contoh: pada halaman 19 contoh 1.3 tabel 1.32
Unsur dalam tabel memiliki konfigurasi seperti diatas berarti...hidrogen, litium, natrium, kalium termasuk unsur dalam golongan 1A karena elektron valensinya 1. kemudian, untuk menentukan periode kita dapat lihat berapa jumlah kulit atom-atom tersebut (K, L, M, N,...,) yang terisi elektron. jadi berdasarkan rumusan tersebut dapat kita tulis:
-hidrogen termasuk periode 1
-litium termasuk periode 2
-natrium termasuk periode 3
-kalsium termasuk periode 4

Seperti itulah hubungannya. (^o^)/...
selamat mencoba dengan 118 unsur yang lainnya yaa...
semoga kalian dapat mengambil manfaat dari entri kali ini.

Wassalamu'alaikum '.'/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar